Rabu, 21 Maret 2012

my major, communication^^


Pada suatu hari kuliah teori Komunikasi, pernah ada pertanyaan polos yang membuat Mas Hardjo yang saat itu sedang mengajar geleng-geleng kepala. Berikut yang di utarakan oleh, sebut saja si X, karena saya juga tak mengenal siapa dia.
Jika orang-orang lulusan dari berbagai jurusan bisa menguasai dan bekerja di bidang komunikasi, lantas apa gunanya jurusan ilmu komunikasi? Apa kelebihan kuliah di jurusan ilmu komunikasi?
Maka kami semua menghabiskan sisa waktu kuliah dengan mendengar penjelasan beliau untuk si X tersebut.
Bahwasanya komunikasi adalah lahan terbuka. Siapapun bebas masuk atau bebas mempelajarinya. Jangan pernah berpikir terkotak-kotak, bahwa komunikasi adalah ilmu yang hanya diperuntukkan untuk mahasiswa dan dosen komunikasi saja.
Semua bisa mempelajari ilmu komunikasi. Dimana saja. Komunikasi tak terikat apakah didalam kelas ataupun di luar kelas, apa yang kita lakukan setiap hari adalah komunikasi. We can’t not communicate, aren’t we?
Apa kelebihan kuliah di jurusan ilmu komunikasi? Iya memang, selama ini lahan kita yang khusus wartawan, penyiar bahkan PR manager di perusahaan-perusahaan banyak yang menempati adalah orang-orang yang bukan dari komunikasi. Mereka engga salah. Toh mereka mampu, bukan kah begitu? Kita yang kuliah dan mempelajari ilmu komunikasi secara khusus juga engga salah. Karena dengan kita mempelajari seluk beluk ilmu komunikasi secara mendalam, harapannya adalah kita nantinya bisa bekerja dan menguasai bidang sesuai dengan apa yang kita pelajari saat ini. bukankah orang-orang yang bekerja bahkan pemilik dari agency advertising adalah lulusan komunikasi? Orang-orang yang memiliki program acara unggulan di Metro TV bukankah juga orang-orang lulusan komunikasi?
Tersentil dengan pernyataan tersebut disini saya hendak menuliskan, semua kilasan-kilasan materi tentang komunikasi yang telah saya dapat selama ini. sekedar ingin berbagi, semoga bermanfaat buat yang baca^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar